Feeds:
Pos
Komentar

Archive for the ‘Periode 4 Logam Transisi’ Category

Baja

Nama khusus untuk logam-logam campuran dari besi. Salah satu yang terkenal adalah baja tahan karat (stainless steel) yang merupakan campuran besi dengan krom dan nikel.

Besi Gubal

Disebut juga “pig iron”. Besi yang diperoleh dari tanur tiup. Pada umumnya besi gubal digunakan untuk membuat baja.

Bijih

Mineral yang digunakan sebagai sumber dari unsur tertentu.

Bilangan Koordinasi

Jumlah ikutan koordinasi yang terjadi antara atom pusat dengan ligannya pada suatu senyawa kompleks.

Dehidrasi

Reaksi pelepasan molekul air.

Diamagnetik

Sifat ditolak oleh medan magnet yang dimiliki oleh suatu atom unsur. Semua elektron dalama atom unsur diamagnetik sudah berpasangan. Sifat ini mununjukkan suatu unsur tidak dipengaruhi oleh medan magnet

Elektrolisis

Reaksi peruaraian ketika listrik dialirkan pada suatu larutan elektrolit atau lelehan elektrolit.

Fluks

Zat yang digunakan untuk menyerap pengotor pada suatu proses. Contohnya adalah batu kapur yang digunakan pada pengolahan besi untuk menyerap pengotor yang bersifat asam dalam bijih besi.

Flotasi

Salah satu tahap pada pengolahan bijih logam dimana bijih yang pekat yang mengandung logam dipisahkan melalui pengapungan oleh buih.

Ion Kompleks

Ion yang tersusun dari ion pusat (atom pusat) yang dikelilingi oleh molekul atau ion (ligan). Antara atom pusat dan ligannya terjadi ikatan kovalen koordinasi.

Kalkopirit

Bijih mineral sumber logam tembaga.

Korosi

Reaksi redoks pada logam dipengaruhi oleh keberadaan air dan udara di lingkungan sekitarnya menghasilkan zat yang tidak dikehendakin (karat).

Magnalium

Paduan antara magnesium dan alumunium.

Mineral

Bahan anorganik alam yang mengandung unsur tertentu.

Paramagnetik

Sifat dapat ditarik oleh magnet yang dimiliki suatu unsur. Atom paramagnertik memiliki elektron yang tak berpasangan. Sifat ini menjadikan suatu unsur sedikit dipengaruhi oleh medan magnet.

Feromagnetik

Sifat ini menjadikan suatu unsur ditarik sangat kuat oleh medan magnet. Memiliki elektron yang tidak berpasangan cukup banyak. Contoh  Fe, Co, dan Ni.

 

Sumber : Kimia Untuk SMA kelas XII oleh Michael Purba, dan Cerdas Belajar Kimia oleh Nana Sutresna.

Ilyui

Read Full Post »

This is it our case, kenapa jari-jari atom logam transisi memiliki pola yang demikian.

Sifat Umum

review sedikit, semestinya seiring dengan menambahnya proton atau nomor atom maka jari-jari suatu unsur itu cenderung menurun. Namun sekali lagi masalahnya pola pada golongan transisi sedikit tidak menunjukan hal itu. Walaupun jika kita buat grafik dari scandium sampai zink grafiknya adalah menurun. Jari-jari atom dari Mn sampai Cu memiliki keanehan, yaitu mereka memiliki kemiripan jari-jari atomnya. kenapa?? yang pasti it because the electron. Elektron adalah dalang dari semua ini, gimana bisa? lets check it out. berikut adalah konfigurasi elektron golongan transisi.

nahh, coba perhatikan deh. dari Cr sampai Cu mereka memiliki kemiripan. apa? yaitu orbital pada subkulit d mereka rata-rata sudah setengah penuh. kenapa hal ini menyebabkan mereka memiliki jari-jari atom yang mirip? elektron pada orbital d jelas memiliki jumlah yang lebih banyak dibandingkan orbital s (untuk cu sampai Cu) orbital d pada kulit ke tiga sedangkan orbital s pada kulit ke 4. daya tarik elektron dengan inti atom lebih kuat dengan elektron yang berada kulit terdekat. nah, karena elektron Mn-Cu banyak ngumpulnya di sub kulit d jadi gaya tarik menariknya semakin kuat, membuat jari-jari atom mengecil. Coba bandingkan dengan Sc sampai V yang elektron pada sub kulit d tidak beda jauh dengan sub kulit s nya. Hal itu mengakibatkan tarikan inti kepada elektronnya relatif lebih lemah ketimbang yang elektronnya pada ngumpul di d. Bagaimana dengan Zn?? dia memiliki orbital sub kulit d nya penuh, seharusnya tarikannya lebih kuat dong dan jari-jarinya lebih kecil dari Cu. Lagi-lagi Zn menjadi the special one selain hanya memiliki bilangan oksidasi satu aja, zink memiliki keistimewaan lain. berdasarkan data di atas jari-jari atom zink lebih besar dibanding Cu, namun Energi ionisasinya lebih besar daripada Cu. seharusnya jari-jari atom yang besar memberikan dampak energi ionisasi menjadi kecil. Ini semua atas keseimbangan dari konfigurasi atom zink. Zink ketika berikatan hanya memakai elektron pada sub kulit s, dia tidak menggunakan elektron pada sub kulit d, sedangkan logam transisi lain tidak demikian. Ada banyak hal yang membuat atom zink memiliki atomic radius besar sedangkat energi ionisasinya juga besar.

hit this! alasan mengapa Zn berbuat demikian

http://www.chemguide.co.uk/qandc/transition1.html

Ini semua berdasarkan hipotesis saya sendiri, sulit mencari sumber yang membicarakan tentang hal ini. Jadi sayapun dapat melakukan kesalahan,

Terimakasih

CMIIW

Ilyui

Read Full Post »

Hey para chemist! Kimia juga bisa bernyanyi, ini lagu tentang titanium dan mangan. denger baik-baik ya, soalnya kita ga punya lyricnya.


Video ini didapat dari youtube.

Ilyui

Read Full Post »

suatu hari udin sedang menonton film tentang sejarah jepang khususnya tentang samurai. ia sangat kagum dengan kemampuan sang samurai yang sedang ia tonton, ia melihat gerakan sang samurai begitu cepat dalam mengayunkan pedangnya. karena saking kagumnya ia berniat  membuat sebuah pedang samurai, namun ia menggunakan logam seadanya, ia menggunakan baja karena ia beranggapan bahwa baja adalah logam ayng kuat sehingga cocok untuk dibuat pedang

tiga bulan berlalu, akhirnya pedang yang ia buat telah jadi. karena awalnya udin adalah seorang ahli tembaga jadi ia membutuhkan waktu yang cukup lama dalam mengolah baja.

dengan hati yang senang dan bahagia dia pergi ke kebunnya untuk menggukan pedang yang baru saja selesai ia buat. dengan gagahnya ia berlagak sepertis seorang samurai hebat dari jepang. tapi apa yang terjadi ketika dia melakukan ayunan pedang pertamanya. targetnya adalah sebuah pohon kecil, ia berharap bisa menebangnya.

jreeengggg… jreenggg (ceritanya ini backsoundnya)

udin: hiaaaatttt….

udin: aahhh…, gila ni pedang berat banget, gimana gua motong ni pohon, pedangnya nyampe aja kaga.

udin merasa frustasi dengan hasil kerjanya.

sodikin yang kebetulan sedang memanen jengkol di kebunnya yang bersebelahan dengan kebun udin datang menghampiri udin.

sodikin: weiisss. gaya banget lo din maenin pedang hari gini.

udin: awalnya sih mo gaya tapi taunya ni pedang berat banget, gajadi deh gayanya.

sodikin: haha kasian bener lo din. emang tu pedang bahannya apa?

udin: baja.

sodikin : oOo. jelas berat kalo gitu din. tunggu disini, gua ambilin pedang gua di rumah.

sodikin mengambil pedangnya di rumah dan memperlihatkannya pada udin.

sodikin: din liat pedang gua, coba lu pake.

udin mencobanya.

udin: hiiaattt..

ayunan pedangnya sampai pada pohon namun tidak membelahnya.

udin: loh ko ini lebih enteng, lo pake bahan apa kin?

sodikin: klo ini gua pake bahan titanium.

udin: loh emang apa bedanya titanium sama baja?

sodikin: kalo untuk kekuatannya sih ga beda jauh, tapi titanium tuh beratnya cuma 60% dari baja. makanya lebih enteng. terus klo ni pedang sering kebentur justru bakal makin keras, karena waktu kena benturan atau pukulan bakal muncul tegangan sisa dalam dirinya.

udin:oOo. gitu kin. kalo gitu gua bikin lagi aja deh. tapi sekarang pake titanium.

sodikin: yakin lu din?, titanium kan harganya mahal.

udin: aah biarin aja pokoknya style is number one.

akhirnya udin ga cuma jadi ahli tembaga. ia juga mempelajari logam-logam lainnya untuk dibuat barang-barang yang berguna.

~ALL-i~ >style is number one<

Read Full Post »

Papua ? nama yang tidak asing bagi telinga orang indonesia dan orang freeport !

Dilimpahi dengan emas dan perak yang terlampau banyak bagi indonesia dan akhirnya diberikan ke amerika serikat sebagian besarnya . selain dua mineral yang telah tersebut ada juga mineral dengan unsur tembaga yang cuma ada di papua . yaa di daerah indonesia lainnya gak ada . Kalo di dunia ? kita gak tau hahah cari aja ndiri .

Ceritanya bermula pada saat persib melawan persipura di papua pada tahun 2oXX. Ujang dan Sodikin sesama pendukung persib melihat pertandingan berlangsung.

Udin: Woi persipura kalah aja lo jadi tambang sana kek emas dan perak !!

Sodikin : Woi jangan ngejek – ngejek dong bro ! kita sebagai suporter harus fair juga dong .

Udin : Emang nape ? perasaan bagusnya papua cman gituan !

Sodikin : Eitss, selain emas dan perak , papua memiliki berbagai tradisi adat dan istiadat lainnya coy . jadi bawa kalem aja bro. Selain itu ada 2 mineral yang cuman ada di papua bro . Lo mu cari tuh 2 mineral di indonesia selain papua ?? gak akan ketemu dah gw jamin.

Udin : Wah ?? Apaan tuh keknya bagus juga !

Lalu sodikinpun menjelaskan tentang kedua mineral tersebut . kira – kira ini garis besarnya !

Kalkopirit (CuFeS2)

Kalkopirit adalah suatu mineral besi sulfide tembaga yang mengeristal sistem bersudut empat. Kalkopirit mirp dengan kuningan yang mempunyai warna kuning keemasan. Karena unsurnya adalah tembaga dan warnanya lebih kuning dari tembaga biasa Kalkopirit juga sering di sebut “Yellow Copper” alias tembaga kuning.

Kalkopirit

Hati hati karena sama kerennya kaya emas situ jadiin perhiasan kek cincin dan elel . kalo Kalkopirit kena udara langsung dia langsung beroksidasi jadi kayaknya gak terlalu berharga kaya emas de kalo di jadiin aksesoris hahahaha .

 

Kalkosit (Cu2S)

Kalkosit merupakan mineral bijih tembaga yang sangat penting . Warnanya hitam – abu abu yang sedikit mengkilap alias metal . Kadang Kalkosit ditemukan di batuan sedimentasi . Bertahun – tahun Kalkosit ditambang karena satu alasan, yaitu kandungan tembaganya yang sangat kental alias besar . perbandingannya atomnya 67% dan rata – rata berat tembaganya yaa 80% dari berat si kalkosit itu . dari tadi ngomongin kalkosit mulu, tapi gak perna liat gambarnya .. okelah cekidot

kalkosit

Sodikin : Gimana din ?? dah ngerti lom lu .

Udin : Oke terima kasih banyak Kin . Gw mo jadi ahli pembuat dari tembaga !!!

*Bagi kalian yang belum baca cerita tentang mobil tembaga james bond yang dibuat udin ?? inilah asal mula udin jadi pembuat tembaga !!

Semoga bermanfaat !

Read Full Post »

Nomor atom: 29

Neutron: 35

Ar: 63.546 g/mol

Grup ke: 11

Nama Grup: Logam Transisi

Blok: Blok D

Periode: 4

Warna: Tembaga (sulit diungkapkan ntar liat gambar aja haha)

Klasifikasi: Logam / Metal

Titik didih: 3200K (2927°C)

Titik beku: 1357.77K (1084.62°C)

Kepadatan: 8.96g/cm3

 

Alkisah ada seorang pengrajin tembaga yang telah membuat ribuan barang berbahan dasar tembaga . Nama pengrajin itu adalah Udin . Udin sudah sangat terkenal di berbagai penjuru dunia akibat keahliannya membuat tembaga . Suatu hari james bond mencarinya .

James: Permisi kang udin . bisa buatin saya mobil gak ? kan saya sudah punya pistol emas, baju perak, tameng perunggu dan banyak hal lainnya yang terbuat dari logam . tapi saya belum punya alat yang terbuat dari tembaga . Kang udin bisa buatin mobil dari tembaga ?

Udin: Saya memang jago buat barang – barang dari tembaga . tapi buat mobil gak cukup pake tembaga doang .

James: lho kok bisa ?

Udin: karena untuk membuat mesin mobil kita harus menggunakan logam yang lebih tahan panas lagi seperti besi atau baja.

James: o0o…. ya sudahlah orang – orang dari inggris yang akan membuat mesinnya kang udin tinggal membuat bagian luarnya seperti pintu dan atap dan lain lain.

Udin: hemm.. okelah kalo begitu .

Setelah berfikir beberapa lama udin membuat rangka mobil dari triplek . saking hebatnya dia tidak membutuhkan blue print .

 

Setelah 2 bulan mesin dan perangkat lain untuk mobil james bond tiba .

James: Gimana kang udin ? udah siap belum ?

Udin: Ohoho itu masalah mudah . mau sejelek apapun mobil yang akan kau terima . mobil itu akan tetap keren karena berlapiskan tembaga yang warnanya saja tidak dapat di jelaskan.

James: Kenapa bisa begitu ?

Udin: Karena ….. hemmm arghhh !!! sudahlah liat saja betapa kerennya mobil kau james !!

 

James: WOW !!! AKAN AKU PAKAI DI FILM BARUKU !!!

Udin: HoHOHOHOHOH!!! AKU MEMANG HEBAT !!

 

Kisah di atas dibuat karena kami tidak bisa menjelaskan warna tembaga …

Kesimpulan . Tembaga itu keren !!!

Read Full Post »

Ini dia !!! video yang membuktikan bahwa reaksi pengaratan bakal lebih cepet kalo di oksigen murni …

Jadi terbukti bahwa kalo pengen ngebuat besi biar cepet karat. kasi aja oksigen murni terus lakuin tuh percobaan kaya di video tadi, dijamin langsung karatan maknyus …

 

Video yang satu ini adalah salah satu video jika Besi direaksikan dengan sulfur ..

So pasti hasil reaksinya menakjubkan mata kalian .

tapi selain menakjubkan mata hidung kalianpun akan tertakjub – takjub karena baunya yang awFULL !!!..

tapi demi pengetahuan reaksi pun dilakukan …

 

Semoga video diatas bermanfaat dan dapat membawa berkah hoho …

Maaf kami jarang update . maklum . internet gak 24 jam …

-MoonAlice-

Read Full Post »

Older Posts »

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: